PROFIL

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 10 Juni 2015

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Ibu Hamil dan Bayi

Susah tidur atau insomnia dapat terjadi pada siapa pun tak terkecuali wanita hamil dan bayi. Insomnia sangat mengganggu metabolisme di dalam tubuh. Apabila hal ini melanda ibu hamil dan bayi tentu ini akan membuat mereka terganggu kesehatannya.
Cara mengatasi susah tidur banyak yang menggunakan jalan pintas yaitu menggunakan obat tidur. Namun obat-obatan bisa memberi resiko merusak saraf, terlebih bagi wanita hamil dan bayi, tentu akan sangat berbahaya.
Mengingat betapa pentingnya mengetahui informasi seputar cara mengatasi insomnia bagi ibu hamil dan anak bayi agar tidak terjadi hal-hal yang besar resikonya.

Cara Mengatasi Susah Tidur pada Ibu Hamil

Cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil
Ibu hamil susah tidur
Seorang wanita hamil harus benar-benar memperhatikan apa saja yang dikonsumsinya, termasuk jika terjadi insomnia. Tips mengatasi susah tidur pada ibu hamil, antara lain:

  1. Mengkonsumsi Air Putih

Manfaat dari air putih memang sudah tidak diragukan lagi. Tubuh kita sebetulnya sangat membutuhkan banyak cairan tubuh, tak terkecuali bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan.
Cara mengatasi susah tidur dengan mengkonsumsi air putih akan membuat tubuh menjadi lebih mudah untuk beristirahat. Sebaiknya, Anda mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari agar terhindar dari gangguan susah tidur.

  1. Mendengarkan Musik Klasik/ Gelombang Beta

Musik klasik selain baik untuk bayi dalam kandungan juga baik untuk membuat Anda tertidur lelap. Music ini memang memiliki alunan nada yang membuat Anda merasa rileks. lebih baik lagi jika mendengarkan musik khusus untuk syaraf seperti jenis musik Brainwave. Cara mengatasi insomnia dengan mendengarkan music klasik akan sangat nyaman untuk dilakukan.
Bagi anda yang muslim bisa mencoba mendengarkan mp3 murottal Al-Quran semisal yang dibawakan Ahmad Saud dengan suaranya yang medayu-dayu. Insya Allah bisa mengatasi susah tidur.

  1. Minum Susu Hangat

Minum susu hangat menjadi hal yang sangat enak dilakukan pada malam hari. Cara atasi susah tidur yang mudah yaitu menggunakan susu hangat. Tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan calon bayi, melainkan juga dapat digunakan untuk membantu Anda untuk cepat tertidur pulas.

Ini karena susu memiliki kandungan asam amino tryptophan, dimana asam amino akan meningkatkan produksi serotonin di dalam otak. Jika Anda melakukan cara mengatasi susah tidur dengan susu hangat menjelang tidur, Anda akan merasa kenyang dan mengantuk.

Cara Mengatasi Susah Tidur pada Bayi Usia Dibawah 1 Tahun

Cara mengatasi susah tidur pada bayi
Susah tidur pada bayi
Bayi yang berusia dibawah 1 tahun sangat sering terbangun di malam hari atau bahkan tidak dapat tidur pada malam hari. Keadaan ini akan membuat Anda juga ikut begadang menemani sang buah hati bermain. Jika terus dibiarkan akan berakibat fatal pada tumbuh kembang sang buah hati. Cara menangani susah tidur pada bayi tidak boleh dilakukan menggunakan obat-obatan kimiawi, mengingat usianya yang masih bayi serta organ tubuhnya yang masih lemah.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi susah tidur pada bayi yang berusia dibawah 1 tahun antara lain:

  1. Memberikan Susu pada Bayi

Ketika seorang bayi tidak dapat tidur pada malam hari, bisa jadi karena bayi merasa lapar. Memberikan ASI atau susu formula menjadi solusi yang tepat untuk dilakukan. Cara mengatasi susah tidur akan efektif membuat bayi Anda tertidur pulas.

  1. Membatasi Aktifitas Tidur pada Siang Hari

Siang hari menjadi waktu yang banyak digunakan untuk tidur. Namun ini jangan terlalu lama Anda biarkan, maksimal bayi tidur pada siang hari selama 2 jam. Jika terlalu lama, bayi akan cenderung susah tidur pada malam hari. Tips atasi susah tidur cukup sulit untuk dilakukan, mengingat bayi akan rewel ketika dibangunkan dari tidurnya.

  1. Menyalakan Music Klasik/ Musik Lullaby/ Murottal Qur’an

Musik klasik maupun jenis musik lullaby memang membuat tubuh menjadi lebih rileks, termasuk bayi Anda. Apalagi murottal Al-Qur’an akan membuat bayi semakin tenang dan menjadikan ingatannya akan Al-qur’an semakin baik.
Mendengarkan music klasik akan membuat bayi Anda rileks dan akhirnya matanya yang mungil pun akan terpejam secara perlahan. Cara mengatasi susah tidur ini akan membuat ibu hamil dan bayi Anda merasa aman dan nyaman.
sumber : http://ariftriwidodo.blogspot.com/2015/06/cara-mengatasi-susah-tidur-pada-ibu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

About